Minggu, 01 April 2012

Cara Mengatasi Sakit Gigi


Cara Mengatasi Sakit Gigi - Walaupun ada lagu yang mengatakan bahwa lebih baik sakit gigi daripada sakit hati, nyatanya tidak ada seorang pun yang ingin merasakan sakit gigi.
Ini terbukti banyaknya orang yang mempelajari dan mencari tahu cara mengobati sakit gigi yang paling ampuh dan kalau bisa secara tradisionala agar lebih hemat biaya.
Walaupun sakit gigi tidak masuk golongan penyakit yang mematikan, namun penyakit yang satu ini bisa membuat kita mati kutu, serba salah.
Mau makan, susah untuk menguyah makanan. Mau tidur, rasa sakit yang berdenyut – denyut pada gigi dan kepala membuat kita tidak bisa tidur dengan nyenyak.
Untuk langkah awal biasanya orang lebih suka mengomsumsi obat pereda nyeri untuk menghilang rasa sakit di gigi, dan cara itu memang cukup ampuh.
Tapi tahukah, bahwa komsumsi obat pereda nyeri dalam jangka waktu yang panjang bisa menimbulkan kekebalan tersendiri pada tubuh.
Sehingga ketika rasa nyeri itu datang kembali, kita akan kecanduan untuk mengomsumsi obat – obatan tersebut secara terus – menerus.

Pertolongan Pertama Pada Sakit Gigi

Ketika rasa sakit gigi mulai menyerang, kita bisa melakukan beberpa tindakan untuk mengurangi rasa nyeri tanpa menggunakan obat – obatan kimia.
Tapi sebelum mengambil tindakan awal untuk mengurangi rasa nyeri di area mulut, kita harus memastikan terlebih dahulu, apa penyebab utama dari timbulnya rasa sakit tersebut.
Apakah karena kita menderita gigi sensitif, tumbuhnya gigi bungsu atau karena berlubang. Karena sakit yang diakibatkan oleh gigi sensitif dan tumbuhnya gigi bungsu tidak bisa diobati secara tradisional.
Harus di bawah pengawasan dokter untuk penanganan lebih lanjutnya.
Sedangkan untuk sakit gigi yang disebabkan oleh gigi berlubang, bisa dikurangi dengan cara – cara di bawah ini :
  • Jeruk Nipis
    Oleskan air perasan jeruk nipis pada gigi yang terasa sakit setiap 10 menit sekali
  • Garam
    Ambil sedikit garam, kemudian larutkan pada segelas air hangat. Gunakan larutan garam untuk berkumur sampai rasa nyeri berkurang
  • Minyak Cengkeh
    Basahi kapas dengan minyak cengkeh kemudian kompres gigi yang sakit dengan kapas tersebut
  • Daun Biji
    Ambil beberapa lembar daun biji, cuci bersih kemudian tumbuk hingga halus dan letakan tumbukan daun biji pada gigi yang sakit
  • Bawang Merah dan Bawang Putih
    Letakan potongan bawang merah atau putih pada gigi yang sakit. Atau bila ingin lebih ampuh taburkan sedikit garam pada potongan bawang kemudian kunyah menggunakan gigi yang sakit
  • Es Batu
    Pegang es batu dengan menggunakan jari telunjuk dan ibu jari, kemudian gunakan kedua jari tersebut untuk memijat gigi yang terasa sakit
  • Minyak Mustard dan Bubuk Kunyit
    Letakan campuran kedua bahan tersebut pada gigi yang terasa sakit, diamkan sampai sakit mulai berkurang
  • Lada dan Garam
    Letakan kedua campuran bahan tersebut pada gigi yang bermasalah, kemudian gosok dengan lembut, campuran lada dan garam dipercaya bisa membunuh kuman di gigi
  • Komsumsi buah yang mengandung banyak vitamin C bisa ikut membantu menjaga kesehatan gigi. Perbanyak komsumsi jus lemon dan buah sitrat lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;