Senin, 26 September 2011

Macam-Macam Kitab Hadits



Hadits Shahih Bukhari
Imam Al-Bukhari memiliki nama asli Abu ’Abdullah Muhammad ibn Isma’il ibn Ibrahim ibn al-Mugirah ibn Bardizbah al-Ju’fi al Bukhari. Dilahirkan pada ahari Jum’at 13 Syawal 194 H di Bukharah, dan meninggal pada tanggal 30 Ramadhan tahun 256 H pada usbeliau 62 tahun. Salah satu karyanya adalah “al-Jamai’ al-Musnad al-Sahih al-Mukhtasar min Umar Rasul Allah Saw wa Sunanih wa Ayyami”.
Kriteria kesahihan sebuah hadits menurut Imam al-Bukhari adalah: Sanad tersambung, periwayat bersifat adil, periwayat besifat dabit, dalam hadits tersebut tidak terdapat kejanggalan (syujaj) dan tidak terdapat kecacatan (’illat).

Hadits Muslim
Imam Muslim memiliki nama lengkap: Abu al-Husain Muslim bin al-Hajjaj bin Muslim Kausyaz al-Qusyairi al-Naisaburi. Beliau dilahirkan di Nisaburi, sebuah kota kecil di Iran bagian timur laut. Imam muslim juga menyusun kitab sahih, Kitab himpunan hadits sahih Muslim ini berjudul al-Musnad al-Sahih al-Mukhtasar min al-Sunan bi al-Naql al-’Adl’an al-’Adl ’an Rasul Allah saw namun lebih dikenal dengan nama al-Jami’ al-Sahih atau sahih Muslim.
Hadits Sunan At-Tirmizi
Imam At-Tirmizi memiliki nama lengkap Abu ’Isa Muhammad ibn ’Isa ibn Saurah ibn Musa ibn al-Dahhak al- Sulami al-Bugi Tirmizi. At-Tirmizi dilahirkan pada tahun 209H dan wafat pada malam senin tanggal 13 Rajab 279 H di desa Bug dekat dengan kota Tirmiz.
At-Tirmizi mengarang kitab al-Jami’ al-Sahih, Judul lengkap kitab al-Jami’ al-Sahih adalah al-Jami’ al-Mukhtasar min al-Sunan ‘an Rasulillah. Meski demikian kitab ini lebih populer dengan nama al-Jami’ At-Tirmizi atau Sunan At-Tirmizi. Kitab ini memuat berbagai macam permasalahan pokok agama, diantaranya yaitu aqidah, budi luhur, etika, tafsir al-Qur’an dan lain-lain.
Hadits Al- Nasa’i
Imam An-Nasa’i memiliki nama lengkap Ahmad bin Syu’aib bin Ali Sinan bin Bahr bin Dinar, dan diberi gelar dengan Abu Abd al-Rahman An-Nasa’i. Beliau dilahirkan pada tahun 215 H di kota Nasa’ yang masih termasuk wilayah Khurasan.
Karyanya yang paling terkenal adalah kitab al-Sunan. Kitab al-Sunan disederajatkan dengan kitab Sunan Abu Dawud dan ditempatkan pada tingkatan kedua setelah Sunan Abu Dawud dalam deretan kitab-kitab sahih al-Sunan.
Hadits Abu Dawud
Nama lengkap Abu Dawud adalah Abu Dawud Sulaiman bin al-Asy’as bin Ishaq bin Basyir bin Syidad bin Imran al-Azdi al Sijistani. Beliau dilahirkan di Sijistan (suatu kota), pada tahun 202 H. Beliau terkenal dengan kitabnya Syarah Sunan Abu Dawud.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
;